PIALA MAYA KEDUA

Setelah diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tanggal 15 Desember 2012, tahun ini, ajang PIALA MAYA kembali diselenggarakan dengan mengusung semangat yang sama, Apresiasi Nyata dari Dunia Maya untuk Film Indonesia. Berbekal dari penyelenggaraan tahun pertama, Media @FILM_Indonesia sebagai penyelenggara ajang PIALA MAYA 2013, meneruskan komitmen untuk tetap menyelenggarakan ajang festival film ini rutin setiap tahunnya. Apresiasi dari jagad maya ke dunia nyata ini akan terus hadir dalam tema dan konsep yang berbeda, namun tetap dengan spirit yang sama.

Rangkaian acara Piala Maya 2013 akan berlangsung selama bulan November dan Desember:

  1. Proses voting oleh lebih dari 100 Komite pemilih akan diselenggarakan pada 25 November sampai 18 Desember 2013.
  2. Pengumuman Nominasi tanggal 9 Desember 2013 di fX Senayan, Jakarta.
  3. Pekan Film, berupa pemutaran film nominasi dan film-film pilihan terbuka untuk umum dan GRATIS, akan diselenggarakan pada tanggal 9 sampai 17 Desember 2013 di SAE Institute, FX – Jakarta.
  4. Ramah Tamah 100 Komite Pemilih bersama Media, dan screening special film pilihan special mention, pada tanggal 18 Desember 2013 di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia.
  5. Malam Puncak, berupa malam anugerah penyerahan penghargaan Piala Maya akan digelar pada tanggal 21 Desember (khusus undangan).

Piala Maya 2013 mengusung tema “Ragam Corak Film Indonesia”. Penyelenggaraan tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini direncanakan akan berkolaborasi 100 Komite Pemilih untuk memilih para peraih Piala Maya 2013. Komite Pemilih terdiri dari berbagai kalangan profesi dan lintas usia yang mempunyai semangat yang sama yaitu sebagai pencinta film Indonesia. Beragam profesi Komite Pemilih, diantaranya adalah:  Sineas, Jurnalis Film, Praktisi Periklanan, Musisi, Kritikus Film, Akademisi, Penyiar Radio, Movie Reviewer, Blogger, Fashion Designer, Ilustrator, Pelaku Seni, Penulis, Mahasiswa Perfilman, Perwakilan Komunitas Film dll. 100 Komite Pemilih diketuai oleh dr. Daniel Irawan, seorang pencinta film, penulis review film, yang juga berprofesi formal sebagai seorang dokter di kota Medan.

Kategori yang akan di-vote oleh Komite Pemilih, adalah:

  1. Film Bioskop Terpilih
  2. Film Pendek Terpilih
  3. Sutradara Terpilih
  4. Aktor Utama Terpilih
  5. Aktris Utama Terpilih
  6. Aktor Peran Pendukung Terpilih
  7. Aktris Peran Pendukung Terpilih
  8. Penulis Cerita & Skenario Terpilih
  9. Penata Kamera Terpilih
  10. Penyunting Gambar Terpilih
  11. Penata Artistik Terpilih
  12. Ilustrasi Musik Terpilih
  13. Penata Suara Terpilih
  14. Tata Kostum Terpilih
  15. Tata Rias Wajah & Rambut Terpilih
  16. Efek Khusus Terpilih
  17. Desain Poster Terpilih
  18. Lagu Tema Terpilih
  19. Pemain Pendatang Baru Terpilih
  20. Pemain Cilik Terpilih
  21. Film Dokumenter Terpilih
  22. Film Animasi Terpilih
  23. Film Daerah Terpilih
  24. Penulisan Kritik Film Terpilih
  25. Film Omnibus Terpilih
  26. Aktor Omnibus Terpilih
  27. Aktris Omnibus Terpilih
  28. Beberapa special mention yang akan diumumkan pada malam puncak

Penyelenggara Piala Maya berharap melalui acara ini dapat makin mengapresiasi dan memberikan tambahan publikasi pada pencapaian film Indonesia yang rilis di bioskop/pemutaran khusus periode 1 Desember 2012 – 30 November 2013. Selain itu, menjadi ruang temu nyata antara media akun twitter @FILM_Indonesia dengan para pencinta film Indonesia yang selalu setia mengapresiasi film Indonesia melalui testimoni yang disampaikan melalui akun @FILM_Indonesia selama hampir 4 tahun terakhir ini. Secara keseluruhan, acara ini juga bertujuan untuk mendukung program ekonomi kreatif di Indonesia, dan khususnya mendukung tumbuh industri perfilman Indonesia yang tengah giat mencari jati diri dan membentuk karakter. Hafiz Husni sebagai founder, sekaligus Festival Director tahun ini sangat terbuka untuk bekerja sama dan mengundang banyak pihak untuk turut dapat mendukung terselenggaranya acara ini. Penyelenggaraan acara ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama pencinta film dimana pun berada, dukungan personal pemerhati film dan diharapkan dukungan sponsor juga turut memberikan perhatiannya pada perkembangan film Indonesia.

Penyelenggaraan Piala Maya 2013 sepenuhnya dilakukan oleh panitia yang masih terbilang usia muda, namun mempunyai semangat yang sama untuk membantu menyebarkan semangat cinta film Indonesia. Rangga Wisesa, bertindak sebagai Program Director dan Public Relations untuk Piala Maya 2013. Turut didukung oleh Dian Tamara untuk Program Goes To Campus, Imelda Idrus untuk Program Pekan Film, dan Fadhi Perdana sebagai Partner Relations. Piala Maya juga akan membuka kesempatan bagi anak muda yang berminat menjadi volunteer di berbagai kegiatan Piala Maya 2013. Selain sebagai ajang apresiasi film yang telah dirilis setahun sebelumnya, acara malam puncak Piala Maya 2013 juga akan menjadi ajang untuk memperkenalkan film-film yang akan rilis pada tahun 2014.

Semua informasi, dapat dipantau dan ditanyakan langsung melalui akun twitter @PialaMaya. Mari dukung bersama, tetap cintai film Indonesia dulu, kini & nanti.

Hubungi Kami melalui Email: pialamaya@gmail.com

RANGGA WISESA– @ranggawisesa – Mobile: +62 812 86046324 – Program Director & Public Relations

dr. DANIEL IRAWAN – @danieldokter – Mobile: +62 897 458 9425 – Chairman of #100KomitePemilih 

HAFIZ HUSNI – @hafiz_husni – Mobile:+62 818 475 759 – Founder/Festival Director 

Satu pemikiran pada “PIALA MAYA KEDUA”

  1. Semoga sukses dan lancar acaranya. Hidup perfilman indonesia. Hidup anak muda bangsa yang semangat menjadi panitia dan turut meramaikan menghidupkan acara ini. Cinta film. Berikan yang terbaik tuk bangsa !

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s